Telepon: +6285725994411
Penerbitan dan Pencetakan Buku Berkualitas Telepon: +6285725994411

Buku

Home

Filsafat Pendidikan Islam (Dialektika Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat)

Filsafat Pendidikan Islam (Dialektika Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat)

Filsafat Pendidikan Islam (Dialektika Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat)

Rp. 250.000
Penulis Dr. Dwi Fitri Wiyono, S. Pd. I, M. Pd
Ukuran 17 x 25 cm (B5)
Tebal 250 Halaman
ISBN SEDANG DIAJUKAN
Hubungi Kami

Deskripsi

Buku ini mengkaji konsep, prinsip, dan metode dalam pendidikan Islam melalui pendekatan filosofis yang komprehensif. Buku ini menyoroti pentingnya filsafat dalam membentuk sistem pendidikan Islam, dengan menelaah konsep nilai, manusia, dan tujuan pendidikan dari perspektif Islam dan Barat. Tujuan utama buku ini adalah untuk mengkaji secara mendalam peran filsafat dalam pendidikan Islam serta memberikan pemahaman mengenai bagaimana prinsip-prinsip filsafat Islam membentuk karakter dan sistem pendidikan yang ideal. Kajian ini juga bertujuan membandingkan konsep pendidikan dalam Islam dan Barat serta menganalisis tantangan kontemporer dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam buku ini mencakup pendekatan normatif, historis, linguistik, dan komparatif. Pendekatan normatif digunakan untuk mengkaji aturan-aturan syariah dalam pendidikan Islam, sementara pendekatan historis mengeksplorasi perkembangan pemikiran pendidikan dari masa ke masa. Pendekatan linguistik dan komparatif digunakan untuk menganalisis konsep pendidikan dalam Islam dan membandingkannya dengan pemikiran pendidikan Barat. Cakupan kajian dalam buku ini meliputi berbagai aspek pendidikan Islam, termasuk konsep nilai (aksiologi), epistemologi pendidikan Islam, serta hakikat kepribadian Muslim dan pembentukannya. Selain itu, buku ini juga membahas prinsip, dasar, dan tujuan pendidikan Islam, serta komponen pendidikan dalam Islam dan Barat. Analisis mendalam dilakukan terhadap aliran-aliran filsafat yang berpengaruh terhadap pendidikan Islam, termasuk aliran rasionalisme, empirisme, dan tasawuf. Hasil kajian dalam buku ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki pendekatan yang holistik, yang mencakup aspek intelektual, spiritual, dan moral. Konsep nilai dalam pendidikan Islam tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan akademik, tetapi juga untuk membentuk akhlak yang sesuai dengan ajaran Islam. Selain itu, perbandingan dengan sistem pendidikan Barat menunjukkan adanya perbedaan mendasar dalam tujuan pendidikan, di mana pendidikan Islam menitikberatkan pada pembentukan manusia yang berkarakter dan bertakwa, sementara pendidikan Barat cenderung berorientasi pada pengembangan keterampilan dan keahlian teknis. Kesimpulan dari buku ini menegaskan bahwa filsafat pendidikan Islam memiliki relevansi yang kuat dalam dunia modern, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan sekularisme dalam sistem pendidikan. Dengan memahami filsafat pendidikan Islam secara mendalam, para pendidik dan pemikir Muslim dapat mengembangkan model pendidikan yang lebih sesuai dengan kebutuhan zaman tanpa menghilangkan esensi nilai-nilai Islam.

CV. Mine

Buku Lainnya

Empty Data

Buku belum tersedia.